Tutorial sederhana membuat akun LOTW

Berikut cara praktis dan sederhana untuk membuat akun di LOTW ( Logbook of The World )

Akun LoTW (Logbook of The World) adalah sebuah Aplikasi dari ARRL (American Radio Relay League) yang memberikan kemudahan bagi anggota amatir radio di dunia termasuk indonesia dalam hal pencatatan LOG secara international.

Adapun sisi manfaat akun LoTW juga menyediakan sistem yang handal dalam hal validasi kontak (QSO) dan saling konfirmasi (QSL). Semuanya berjalan otomatis dan dipercaya oleh anggota amatir radio dari seluruh dunia.

Keaslian dan keakuratan aplikasinya, membuatnya tetap populer saat ini. Tak heran ketika ARRL melalui LoTW memberikan predikat DXCC, artinya mereka memberikan penghargaan yang valid dan original.

Cara dan Step by Step untuk memiliki akun LOTW ( Logbook of The World )

  1. Pertama kita Unduh atau download terlebih dahulu software LOTW [ klik disini ]
  2. Kemudian instal dan pasang  file TQSL 2.5.7 di PC / Komputer / Laptop
  3. Jalankan TQSL aplikasi yang sudah anda unduh / download tadi
  4. Setelah terinstal akan muncul tampilan seperti di bawah ini, arahkan cursor ke tab “Callsign Certificate“, lalu klik “Request New Callsign Certificate“.

5. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik “My current personal callsign“.

6. Setelah itu Isi kolom sesuai gambar di bawah ini, adapun pada bagian ” Date of the first QSO you made or will make using this callsign ” isi dengan tanggal terbitnya IAR ( ijin amatir radio ) anda, lalu pada bagian Date of the last QSO atau kolom tanggal bawahnya kosongkan saja kemudian klik NEXT.
7. Kemudian isi kolom di bawah ini sesuai dengan data personal Ijin Amatir Radio anda, lalu klik NEXT.

8. Pada kolom berikutnya isi alamat email anda dan pastikan email aktif sebab certificate TQSL akan dikirimkan melalui email yang anda daftarkan, lalu klik NEXT. Kemudian akan muncul halaman masukkan password dan abaikan saja tidak perlu di isi, lalu NEXT. Di langkah ini, kita baru akan mengajukan permintaan certificate TQSL, kemudian pilih “UNSIGNED”, dan klik “FINISH”

 

9. Selanjutnya silakan cek email petunjuk dari LoTW Team terkirim di email yang anda tulis sebelumnya. Dan ikuti petunjuk yang di berikan oleh LOTW dan biasanya mereka meminta dikirimkan kelengkapan dokumen IAR, KTP  (opsional) kemudian anda kirimkan ke email  lotw-help@arrl.org & lotw-admin@arrl.org dan tunggu email dari admin ARRL yang dilampiri TQ6.

Di bawah ini Tutorial Video singkat yang di buat oleh rekan kita Om Bobby YB4GBN semoga bisa bermanfaat

 

 
Language »
%d bloggers like this: